Pengrajin Seni Logam Melayani Pasar Kabupaten Mukomuko

Pengrajin Seni Logam Melayani Pasar Kabupaten Mukomuko . Desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg terkenal itu. Desa tersebut diketahui sebagai sentra produsen kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak saudara Boyolali-Jateng mendirikan usaha rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke banyak pasar. Skill mengolah tembaga didapati secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dengan hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, teko, dan lain-lain akan tetapi sekarang sudah berubah haluan ke kerajinan logam untuk kebutuhan ornamen cafe, gedung, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, saat ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal atau manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan datang dari banyak wilayah di Indonesia dan manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan bertambah begitu signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya ialah hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi internet maka akan membantu para pengrajin kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah dan banyak negara. Teknologi internet sangat membantu para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yg tertolong ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bogor. Tidak hanya itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan kuningan ke semarang.

Contoh Kerajinan Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Customer jg bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka bisa punya desain sendiri selanjutnya AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn saja banyak yg menanyakan harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam kuningan sangat bervariasi akan tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Dibawah ini ini ialah beberapa parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal sebab bahan baku yg dipakai jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya jg murah sebab bahan yg dipakai jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), jika pesanan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya secara otomatis ditambah ongkir.

Permasalahan para produsen kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Permasalahan lainnya, produsen Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen bisa mendapatkan harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh sebab itu, pengusaha kerajinan tembaga selalu ingin stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan wajib kreatif dan wajib menyesuaikan permintaan prospek. Sekarang ini AA Gallery tidak hanya mendapatkan pesanan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan kantor tetapi sudah merambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai hiasan kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak hanya satu saja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd sentra kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak th 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari medan. Dengan bekal pengalaman puluhan th memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery semakin paham cara untuk menghasilkan kerajinan tembaga yg ber-quality dan cocok yg diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yg urgen konsumen terpuaskan.